Wednesday, December 9, 2015

Siklus Mid-lIfe Karir Bisnis Anda

Hidup dimulai pada empat puluh, demikian SEBUAH kalimat ajaib Yang ACAP kitd dengar TENTANG pencapaian Prestasi karir Dan Pekerjaan Seseorang. SEBUAH kalimat Yang mungkin hendak menegaskan Awal perjuangan Melawan Tantangan Hidup sebenarnya. Sebab memang Dari sejumlah Riset empirik Terbukti, PADA orangutan Usia 40-an pagar Banyak terguncang hearts APA Yang disebut krisis karir pertengahan kehidupan SEBAGAI Yang ... ..krisis karir Yang ACAP menggedor Kesadaran eksistensialnya hearts Menapak Sejarah Hidup Masa Depan.

Namun baiklah, SEBELUM Kita Bicara LEBIH detil TENTANG krisis karir pertengahan hidup, kitd akan Melihat hal SKEMA SIKLUS karir Yang Telah dipetakan sejumlah Ahli manajemen karir. Disini, kitd mencatat adanya lima Tahapan krusial Yang akan dilalui SETIAP insan hearts Merajut Perjalanan karirnya.

Tahapan Yang Pertama disebut JUGA SEBAGAI Percobaan Tahap Dan dialami Diposkan mereka Yang memasuki Usia 23-29 Tahunan. Fase inisial merupakan Tahapan Dimana Seseorang melakukan Proses Eksplorasi Mengenai PILIHAN karir Dan Profesi Yang memucat Tepat Bagi Dirinya. Orang-orangutan Yang baru Lulus kuliah ACAP dihinggapi kebimbangan Mengenai Profesi APA Yang hendak mereka tekuni: apakah hendak Menjadi pengusaha, pegawai Swasta ATAU pegawai negeri; Dan kalau Jadi pegawai apakah akan MASUK hearts Bidang Keuangan, Pemasaran, ATAU Produksi Bidang lainnya. Disinilah pentingnya Makna Lembaga ATAU sejenis Bimbingan karir (konseling karir) Yang Bisa membantu generasi muda ITU memutuskan PILIHAN karirnya DENGAN Tepat. Sayang, tak Banyak Perusahaan ATAU kampus Yang menyediakan LAYANAN Suami DENGAN Sungguh-Sungguh (oke ... .mungkin Suatu Saat blog Suami Perlu JUGA Membuka Rubrik Konsultasi karir ... :))

Tahapan berikutnya Adalah Stabilisasi Tahap Dan dilalui Diposkan mereka Yang berusia 30-39 Tahunan. Dalam fase inisial Seseorang Telah memiliki PILIHAN karir Jelas Yang LEBIH; Dan memiliki Rencana Yang LEBIH eksplisit Mengenai JENIS Pengembangan Dan Jalur karir APA Yang Harus ditempuh. Mungkin besarbesaran Telah merasa mantap Menjadi Seorang Spesialis dibidang Pemasaran, Asisten manajer Bidang Keuangan, Ahli hearts Bidang Pelatihan SDM, ATAU Menjadi tukang bikin seragam batik.

Tahapan Ketiga Adalah APA Yang ACAP disebut SEBAGAI Mid Career Hidup Krisis Tahap, Dan Sering dialami Diposkan mereka Yang memasuki usi 38 Hingga 42 Tahunan (jadi, mungkin kalimat Yang LEBIH Tepat Adalah Suami: Karir Krisis Dimulai pada 40 ....). Dalam fase inisial Seseorang ACAP mengalami kegamangan hearts pencapaian karir Yang selama inisial Telah direngkuhnya. Kegamangan Suami Bisa Jadi dipicu Diposkan kejenuhan rutinitas kerja differences Yang selama ini Label Telah DENGAN BeGiTu intens menderanya. ATAU mungkin JUGA dipicu Diposkan keletihan Fisik Dan psikis Yang selama ini Label ACAP menyelinap hearts Relung kehidupannya.

Dalam Derap kebimbangan ITU, besarbesaran Lalu Dipaksa melakukan Evaluasi mendasar Terhadap Perjalanan karirnya; Dan ACAP dihadapkan PADA dilema Mengenai APA Yang Sesungguhnya besarbesaran inginkan. Dilema Krisis Suami Mesti Harus dijawab DENGAN tuntas; sebab jika dibiarkan, fase Krisis Suami akan MEMBUAT Seseorang kian Tenggelam hearts semangat Kematian Dan layunya produktivitas kerja. Disana besarbesaran Tak Lagi menemukan Tantangan Yang membuatnya Bisa menjalani kerja DENGAN kegairahan.

Dalam Tahap selajutnya, Tahap Stabilisasi yakni, Seseorang akan memasuki fase 'menetap' DENGAN pekerjaannya; Dan fokusnya kini LEBIH PADA usaha mengamankan (aman) posisinya hearts Perusahaan. Dalam fase Inilah, Seseorang akan merasa nyaman, stabil Dan menekuni pekerjaannya DENGAN Nyaman. Fase inisial biasanya Terjadi PADA Usia 42-45 Tahun.

Fase Yang terakhir di Adalah Penurunan Stage. Fase inisial Terjadi PADA periode Usia Sekitar pertengangan 53-an keatas, Dimana Seseorang melakukan Persiapan untuk review Pensiun. Acapkali Terdapat Motivasi Yang kian menurun; meski kini kian Banyak orangutan Yang memasuki Usia Pensiun justru Kembali bersemangat: maksudnya bersemangat melakukan usaha baru. Istilah kerennya: pensiunpreneur.

Demikianlah lima Tahapan kunci yang akan dilewati SETIAP insan hearts Perjalanan Panjang karirnya. Mudah-mudaha Andari SEMUA Bisa Meninggalkan Jejak Yang teramat Indah hearts SETIAP Tahapan kunci tersebut

No comments:

Post a Comment