Thursday, December 17, 2015

Bonus Andari Ingin 7 Kali Gaji?

Ada Yang menarik hearts Tulisan di majalah SWA beberapa Waktu Lalu TENTANG para Pemenang Survei HR Excellence Award - SEBUAH ajang Survei untuk review Menguji kepiawaian Perusahaan hearts Mengelola Dan mengembangkan para Talenta terbaiknya. Disitu dikisahkan Mengenai sepak terjang shalat Satu pemenangnya, yakni SEBUAH Perusahaan BUMN Yang Bergerak dibidang Perkebunan, PTPN III.

Salah Satu Catatan Yang menarik TENTANG Perusahaan tersebut Adalah Suami: PADA Tahun 2006, mereka membagi bonus Kepada karyawannya 5 kali Gaji, dan DI Tahun 2007 Kemarin, bonus Yang diberikan Adalah 7 kali Gaji (wuih!). Bukan ITU Saja. Gaji manajer minimal (kepala Bagian) di Perusahaan ITU Adalah Rp 24 juta per bulan - Diatas JAUH rata-rata Gaji manajer Perusahaan Swasta nasional. Artinya, jika Andari Bekerja SEBAGAI manajer di PTPN III, Maka PADA Awal bulan Januari Kemarin, Andari akan mendapat bonus sebesar 7 x 24 juta ATAU Rp 168 juta - Cukup untuk review DP Pembelian Honda New CRV Hmmm ... .sedap manusia..

PTPN III memang merupakan shalat Satu BUMN Yang gencar melakukan transformasi gede-besaran hearts lima - Empat Tahun terakhir di. Proses perubahan di Perusahaan Suami dicanangkan ketika PTPN III Masih berada dibawah KEPEMIMPINAN Akmaluddin Hasibuan - shalat Satu CEO Yang visioner, Dan spiritnya mirip-mirip DENGAN mendiang Cacuk Sudaryanto ketika metransformasi Telkom. Akmaluddin - Yang kini Sudah Tak Lagi Menjadi CEO - membawa bertekad PTPN III Menjadi Perusahaan Kelas Dunia - Dan Bukan Lagi Perusahaan Negara Yang jadul nan amburadul.

Maka selain melakukan perombakan Menyeluruh Terhadap Sistem manajemen SDM di Perusahaan ITU, besarbesaran JUGA melakukan tindakan dramatis: menaikkan Gaji Dan remunerasi para karyawannya Menuju PADA Tingkat Yang amat layak. Sebab, Proses perubahan Menuju Perbaikan costs kos Sungguh akan Sulit dilakukan kalau Gaji karyawan kitd berada tingkat PADA pas-pasan. Kalau Gaji kitd Terlalu Kecil, Maka boro-boro mikir visi JAUH KE Depan Dan bla-bla lainnya, mikir besok mau Makan Apa Saja Masih Suka pusing Tujuh Keliling ... .. (duh, Nasib, Nasib ... ..).

Begitulah, Akmaluddin kemudian memutuskan kenaikan Gaji Yang signifikan Bagi segenap karyawannya. Selain menaikkan Gaji manajer seperti Diatas, Maka Gaji para pengepul (ATAU Pemetik Tanaman buah sawit di Perkebunan) dinaikkan Menjadi juta ditambah 2,5 insentif 2,5 juta (Yang akan TIMAH jika memenuhi sasaran buah pemetikan). Itu artinya, pegawai rendahan sekalipun Bisa membawa 5 juta rupiah per bulan KE rumah - SEBUAH Angka Yang amat gede Bagi para pegawai Pemetik buah Yang sebagian gede Hanya Lulusan SLTA (jadi, Andari tertarik Jadi Pemetik buah sawit ... ??).

Hasil Dari perubahan ITU Adalah kenaikan produktivitas Yang Tajam di Perusahaan tersebut; Dan tren Angka kenaikan ITU kelihatannya Terus berlanjut. Sebab, Keputusan kenaikan Gaji Suami JUGA Segera Disertai DENGAN perubahan Yang Menyeluruh hearts Bidang lainnya, termasuk hearts SISTEM MANAJEMEN costs kos karyawannya. Hal inisial Penting untuk review dicatat, sebab jika Gaji dinaikkan SECARA dramatis Tanpa diikuti DENGAN perubahan Sistem PENILAIAN costs kos terbenam, Maka Yang Terjadi Bisa SEBUAH malapetaka. Mencakup biaya Gaji Naik SECARA signifikan, namun produktivitas karyawan stagnan. Kalau begini, Perusahaan kitd justru Bisa Bangkrut.

Catatan berbaring Yang layak dicatat Dari fenomena PTPN Diatas Adalah Suami: Perusahaan Yang Berani memberikan Gaji Dan bonus Yang gede biasanya Adalah Perusahaan Yang berada PADA SEBUAH industri Yang Tengah Tumbuh PESAT. Sektor Perkebunan (PTPN Dimana berada), Pertambangan, Dan JUGA telekomunikasi Serta Perbankan, Adalah beberapa JENIS industri Yang Tumbuh Bagus hearts beberapa Tahun terakhir di. KARENA ITU, Perusahaan hearts Sektor ITU LEBIH cenderung agresif hearts memberikan bonus Dan kenaikan Gaji Bagi para karyawannya. Sebaliknya, jika Andari kebetulan Bekerja PADA Sektor / industri Yang pertumbuhannya pas-pasan, ya Jangan Berharap Banyak untuk review memperoleh kenaikan Gaji Dan bonus Yang gede (masih untung gajinya ndak diturunkan ....).

Namun faktor berbaring Yang amat Penting Bagi besaran bonus Dan Gaji Yang Andari terima Adalah: filosofi top manajemen ATAU pemilik Bisnis (pemilik usaha) Dan komitmen. Disini kitd Melihat hal ADA pemilik Perusahaan Yang cenderung Pelit Dan serakah (Maunya SEMUA keuntungan Perusahaan dimakan Sendiri, Tak Peduli karyawannya cuma Bisa Makan nasi + kerupuk). Namun ADA JUGA pemilik Perusahaan Yang Murah hati Dan amat Peduli PADA Kesejahteraan karyawannya. Saya PERNAH ADA membaca pemilik SEBUAH Perusahaan Kelas Menengah di Jakarta Yang memiliki Prinsip membagi 50% laba Perusahaan Kepada segenap karyawannya. Betapa mulianya orangutan inisial. Dan JUGA amat Cerdas: sebab Dari sejumlah Riset empirik Terbukti, bagi hasil Pola semacam Diatas amat positif dampaknya Bagi Kemajuan costs kos Bisnis.

Jadi, kalau sekarang Andari Masih Jadi karyawan, ya berdoalah semoga pemilik ATAU atas manajemen Perusahaan Andari Bisa memiliki Prinsip seperti Diatas. Mau Berbagi hearts Suka Dan duka DENGAN segenap karyawannya.

SEMENTARA kalau Andari Sudah ATAU Kelak Ingin Menjadi pemiliki usaha sendiri, Maka peganglah Prinsip keuntungan Berbagi DENGAN segenap karyawan Andari. Berikan mereka Gaji Yang amat layak Dan tiap Tahun alokasikan bonus Yang gede Sesuai DENGAN kontribusi mereka. Percayalah, Praktek semacam ini Label akan MEMBUAT Bisnis Andari Langgeng Dan kian Menapak Naik kinerjanya. Dan Bukan ITU Saja: Kelak kalau Andari Meninggal, para karyawan Andari ITU Pasti akan mendoakan Andari DENGAN tulus ikhlas - Dan Bukan DENGAN nggrundel lantaran gajinya ndak PERNAH Naik-Naik !!

No comments:

Post a Comment